Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LEGENDA MEDUSA, Wanita cantik yang dikutuk menjadi siluman ular mitologi yunani

Medusa

Medusa mitologi yunani

Apa yang terlintas dipikiran kalian saat mendengar nama tersebut? monster mengerikan atau mimpi buruk yang tidak ingin kalian lihat, tapi apakah kalian tahu jika dibalik wujudnya yang menyeramkan terdapat kisah tragis dan menyedihkan. Nama Medusa bukanlah nama yang asing bagi sebagian orang, monster mengerikan ini sering dijadikan sebagai karakter antagonis dalam film atau game bertema mitologi Yunani.

Medusa merupakan salah satu makhluk yang paling populer dalam mitologi Yunani dia disebut sebagai wanita berparas mengerikan dengan rambut ular, selain itu Medusa adalah wanita yang mematikan karena bisa membuat siapapun yang memandang matanya akan berubah menjadi batu, tapi apakah kamu tahu jika Medusa sendiri dulunya bukanlah monster melainkan manusia Biasa, berikut adalah kisah dibalik monster bernama Medusa tersebut.

Medusa adalah satu dari tiga bersaudara Gorgon dituliskan dalam Theogony karangan Hesiod Medusa adalah anak dari Phorkys dan Ceto dewa laut purba dia merupakan salah satu dari anak dari kedua Dewa tersebut yang merupakan makhluk fana atau manusia biasa, dua saudara lainnya Stheno dan Euryale adalah makhluk abadi dan ketiganya disebut sebagai tiga bersaudara Gorgon yang dimasa hidupnya Medusa merupakan pendeta dewi Athena yang merupakan Dewi kebijaksanaan.

Untuk menjadi pendeta Sang Dewi ada syarat yang harus dipenuhi dimana wanita muda itu harus perawan dan menyerahkan hidupnya untuk mengabdi pada Sang Dewi. Medusa sangat cantik dan lembut hatinya karenanya dia terpilih menjadi biarawan di salah satu kuil milik dewi Athena bersama dengan perawan-perawan terpilih lainnya, tetapi Karena kecantikannya pulalah ia harus Terusir dari kuil tersebut.

Kecantikan Medusa yang disebut-sebut dapat membuat iri manusia bahkan Dewa sekalipun telah menarik hati Poseidon sang Dewa laut yang merupakan Rival Athena, beberapa kali Medusa menolak Poseidon dengan alasan ia ingin mengabdi di kuil Dewi Athena dan menjaga kesuciannya, karena kesal Poseidon yang terlibat rivalitas dengan koleganya itu kemudian memutuskan untuk mengambil Medusa secara paksa dan berniat untuk mempermalukan Athena dengan cara berhubungan dengan Medusa di tangga kuil Athena yang suci.

Mengetahui itu Medusa sangat ketakutan, Ia pun lari menuju kuil berharap Athena bisa memberi perlindungan baginya dari niat jahat Poseidon, tetapi malangnya dia tidak mendapatkan perlindungan apapun hingga pada akhirnya Poseidon menggagahi Medusa secara paksa di kuil Athena, Medusa berdoa kepada Athena untuk bimbingan dan pengampunan tapi diluar dugaan alih-alih marah kepada posaidon Athena yang murka karena kuilnya telah terkotori malah melampiaskan kemarahannya kepada Medusa yang dianggap telah menghianatinya.

Medusa diusir dari kuil sucinya dan dikirim ke sebuah pulau yang jauh, dia dikutuk menjadi Gorgon seperti kedua saudaranya, kecantikannya lenyap seketika, kulit putih dan halusnya berubah menjadi hitam kehijauan dan bersisik, matanya yang indah menyala merah, tiap helai rambut panjangnya yang halus berubah menjadi ular-ular ganas yang tak pernah tidur, itu dilakukan Athena agar tidak ada lagi pria yang bisa mendekatinya. Barang siapa yang menatap langsung mata Medusa, dirinya akan langsung berubah menjadi batu.

Sebagai korban dari sebuah kisah cinta dikutuk menjadi monster saja sudah memilukan, lantas Bagaimana jika sudah menjadi monster dibunuh pula, itulah yang terjadi pada Medusa dimana pada Akhirnya dia berhasil ditaklukkan oleh Perseus. Kisah paling terkenal tentang Medusa datang dari perjalanan Perseus si Manusia Setengah Dewa anak dari dewa Zeus dan Danae. Perseus mendapatkan misi untuk mendapatkan kepala monster ular tersebut, dia datang ke pulau itu dengan persiapan khusus dimana dia membawa pedang dan mahkota dari Zeus, sepatu terbang dari Hermes dan berisi perunggu dari Athena yang berfungsi untuk merefleksikan pandangannya, dia berhasil memenggal Medusa sekaligus mengakhiri kisah getir sang mantan ajudan dewi antena tersebut.

Perseus dan medusa mitologi yunani

Di ceritakan setelah Perseus memenggal Medusa lahirlah makhluk mitologi lain dari leher Medusa yaitu Pegasus (kuda bersayap) dan menjadi tunggangan Perseus untuk terbang dan menghantarkan kepala Medusa, satu makhluk lagi yang keluar dari Medusa bernama chrysaor seorang raksasa yang terlahir dengan memegang pedang emas di tangannya, begitu kuatnya kepala Medusa sampai Perseus harus mengasingkan kepala itu, ternyata dipenggalnya kepala Medusa tidak mengindikasikan kekuatannya hilang siapapun yang menatap kepala tersebut akan tetap menjadi batu bahkan dari darah yang tercecer pun akan menjadi ular.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan Perseus memasukkannya ke dalam sebuah kantung spesial bernama kybisis, dalam cerita lain Perseus menggunakan kepala Medusa sebagai senjata. Sebagai contoh adalah kisah Perseus menyelamatkan Andromeda, Perseus membatukan Cetus monster bahwaan Poseidon yang akan melahap Andromeda dengan kepala Medusa, walaupun kisahnya tragis, Medusa dianggap sebagai lambang amarah sekaligus perlindungan.

Nama Medusa sendiri di ambil dari kata kerja dalam bahasa Yunani kuno yang berarti "untuk menjaga atau melindungi" di sisi lain Medusa juga sering menjadi perlambangan perlawanan terhadap patriarki mengingat kisahnya tersebut yang walaupun Medusa telah mati kekuatannya masih dapat terasa.

Memang sejauh ini Medusa yang kita kenal hanya sebagai sosok monster yang menakutkan tetapi disisi lain mungkin ada hal positif yang bisa dipelajari dari kisah tragisnya tersebut. Jadi jangan langsung ketakutan jika melihat gambar Medusa, karena bisa jadi gambar tersebut memiliki makna lain dan seperti itulah kisah tragis dan pilu di balik sosok yang menyeramkan bernama Medusa.