Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asal Mula MITOLOGI YUNANI dan Silsilah Para Dewa Penciptaan dunia

Kalian pasti sudah pernah dengar nama Zeus, Poseidon, Medusa, Aphrodite, Eros dan segala macam lainnya. Atau mungkin kalian pernah nonton Percy Jackson... Nah.. Sebelum kita bahas cerita-cerita seru dan super banyak ini, Mari kita mulai dari asal muasal para Dewa Dewi Yunani kuno. Kita bisa bagi menjadi tiga generasi yaitu.

     • Generasi pertama 'The Primordials" 

     • Generasi kedua 'The Titans"

     • Generasi ketiga 'The Olympians"

'The Primordials' sebagai generasi pertama lebih simbolis daripada generasi dibawahnya, 


Generasi Pertama

Gaia mitologi yunani
Pada awalnya tidak ada apa-apa kosong (void). Pertama kali yang muncul adalah kekacauan (Chaos) dari kekacauan muncul "Gaia". Gaia melambangkan bumi dan dianggap sebagai ibu dari segala penciptaan. Di bawah bumi ada "Tartarus", salah satu dari The Primordials, kalau bahasa sekarang, lebih akrab kalau kita menyebutnya dengan "Neraka".

Tartarus lebih ke tempat dimana monster-monster yang paling ganas dan penjahat-penjahat yang paling mengerikan dibuang bahkan dewa sekalipun bisa dipenjara di Tartarus (Neraka).

Dari 'Chaos' juga muncul Erebus (kegelapan) yang akan menguasai bumi. Erebus dan "Nyx" (malam) bersatu melahirkan keturunan, yaitu "Aether" (cahaya) dan Hemera (hari). Mereka muncul yang gelap dulu baru muncul yang terang. Makanya ada Quote yang mengatakan bahwa "Habis Gelap Terbitlah Terang".

Dari malam (Nyx) kita bisa melihat hal-hal seperti Fate (takdir), Doom (malapetaka), Sleep (tidur), dan bahkan Death (kematian). Gaia melahirkan Bumi (Uranus), gunung-gunung (Ourea) dan juga dewa laut purba (Pontus). Uranus mewakilkan langit dengan segala keindahannya. Uranus terus mencoba membuktikan bahwa dirinya setara dengan Gaia (Mother Earth) akhirnya Uranus menjadi jodoh Gaia. Udah biasa yah kalau kita ngomongin mitologi Yunani itu dengan 'In*est' Bahkan dalam beberapa variasi pernikahan mereka atau persatuan mereka itu tercipta atas jasa Eros (Dewa Cinta). Tapi dalam versi ini, Eros bagian dari generasi ketiga. 


Generasi Kedua

Cronus mitologi yunani
Kemudian Gaia dan Uranus menghasilkan keturunan yaitu "12 The Titans" , tiga "The Cyclops" (mata satu) dan juga tiga "The Hecatoncheires" (mahluk 100 tangan dan 50 kepala). Meskipun tidak sama seperti para 12 Titan tapi Gaia sangat menyayangi mereka, namun tidak untuk Uranus yang sangat membenci keturunannya ini, terutama The Cyclops dan The Hecatoncheires yang sangat jelek dan mengerikan. Saking bencinya sama anaknya sendiri akhirnya dia memenjarakannya di Tartarus.

Mengetahui anaknya di Tartarus Gaia merasa sakit hati dan berencana balas dendam, kemudian dia kasih sabit ke anak-anaknya untuk membalaskan dendamnya ke Uranus. Tetapi anak-anaknya tidak ada yang berani welawan ayahnya, dan satu-satunya yang berani balaskan dendam ibunya ke Uranus cuma Cronus, anak terakhir dari para The Titans. Niat Cronus sebenarnya bukan membalaskan dendam ibunya melainkan untuk mendapatkan kekuatan dan merebut kekuasaan ayahnya. Jadi dia menerima sabit dari ibunya dan sewaktu Uranus lagi tidur Cronus datang dan menyabit alat kelamin Uranus menggunakan sabit. Darah yang mengalir dari alat kelamin Uranus menghasilkan ras "Giants" " (Raksasa)", "Nymphs" (Peri), dan Furies (dewi pembalasan).

Kemudian Cronus melempar alat kelamin Uranus ke laut Dari alat kelamin Uranus yang mengambang di laut itu terciptalah "Aphrodite" (Dewi kecantikan) Cronus sekarang berdiri di atas kemenangannya melawan Uranus, sebelum uranus mati dia mengatakan kata" terakhir dia mengutuk Cronus akan mengalami nasib yang sama seperti dirinya. Anak-anak nya lah yang akan menghancurkan dirinya, setelah mendengar itu, Cronus langsung memotong-motong Uranus. 

Setelah itu Gaia menyuru Cronus untuk meletakan potongan-potongan tubuh Uranus di Tartarus dan sekalian membebaskan anaknya The Cyclops dan The Hecatoncheires, tetapi Cronus tidak membebaskan mereka dia tetap membiarkan saudaranya dipenjara di Tartarus, ini membuat Gaia menjadi marah karena kelakuannya sama seperti Uranus. Gaia bersumpah kalau Cronus akan mengalami nasib yang sama seperti Uranus, Anak-anak nya lah yang akan menghancurkan dirinya.

Masih di generasi kedua. Sekarang kita bahas Nama-nama "The Titans" yang dikeluarkan oleh Gaia. Yang pertama adalah.

1. Coeus/Titan Of Intelligence (titan kecerdasan dan juga ramalan).

2. Crius/Titan Of Heavenly Constellations (titan rasi bintang)

3. Iapetus/Titan Of Mortal Lifespan (titan kehidupan mortal)

4. Mnemosyne/ Titan Of Memory (titan ingatan)

5. Oceanus/Titan Of Sea (titan laut)

6. Themis/Titan Of Divine Law And Order (titan hukum ilahi)

7. Rhea/Titan Of Fertility (titan kesuburan)

8. Tethys/Titan Of Fresh Water (titan air tawar)

9. Phoebe/Titan Of Radiance

10. Thea/Titan Of Light (titan cahaya)

11. Hyperion/Titan Of Heavenly Light (titan cahaya surgawi)

12. Cronus/Titan Of Time (titan waktu dan zaman).

Ini aku lampirkan diagramnya karena segitu banyaknya.

Ini adalah Titans Family Tree dari Gaia dan Uranus. Diantara para titan itu, ada yang paling terkenal yaitu

Atlas/Titan Of Endurance (Titan ketahanan)

Eos/Titan Of Dawn (Titan fajar/pagi)

Ephimetheus dan Prometheus/Titan Of Afterthought & Forethought (Titan Renungan & Pemikiran ke Depan)

Helios/Titan Of Sun (Titan matahari)

Leto/Titan Of Motherhood (Titan keibuan)


Sekarang kita lanjut ke cerita Cronus yang di kutuk tadi sama Gaia dan Uranus.

Dan sekarang karena Cronus yang dan berhasil mengalahkan ayahnya dialah yang dipilih sebagai pemimpin dunia dan pemimpin para "The Titans" dan sekarang para Titans yang memegang kekuasaan. Para Titans bersorak dan membungkuk pada penguasa baru alam semesta yaitu Cronus.


Generasi Ketiga

Zeus mitologi yunani
Setelah Cronus menjadi penguasa dia menikahi Rhea (saudari perempuannya). Lalu melahirkan keturunan yang kita kenal sebagai 'The Olympians'. Cronus takut dengan ramalan Uranus dan juga Gaia, Ramalan itu disebutkan kalau anak-anak nya lah yang akan menghancurkan dirinya sama seperti dia menghancurkan ayahnya.

Rhea dan Cronus melahirkan 6 Olympians di mana 3 laki-laki dan 3 perempuan.

1. Hestia/Goddess Of Heart (dewi kehangatan keluarga dan juga pengorbanan)

2. Demeter/Goddes Of Agriculture (dewi pertanian)

3. Hera/Goddess Of Marriage And Family (dewi pernikahan dan keluarga)

4. Hades/God Of The Underworld (dewa dunia bawah)

5. Poseidon/God Of Sea (dewa laut)

 6. Zeus/God Of Sky (dewa langit)

Anak Cronus satu-persatu lahir tetapi setelah lahir, langsung dimakan oleh dia. Alasan kenapa Cronus memakan anaknya sendiri untuk menghindari ramalan itu agar tidak kejadian.

Rhea sebagai ibu, bingung dan kesal, kenapa anaknya yang dilahirkan belum sempat digendong, belum sempat diapain langsung ditelan sama si Cronus, akhirnya Rhea menyembunyikan anak terakhirnya yaitu Zeus. Dia mempersembahkan ke Cronus sebuah bongkahan batu yang dia sebut kalau itu anaknya Zeus. kemudian Cronus tertipu dan dia langsung menelan batu tersebut karena berpikir itu adalah anaknya Zeus. Kemudian Zeus dikirim oleh ibunya Rhea ke pulau "Crete". Disana dia dibesarkan oleh seorang Nymphs dan dilatih hingga waktunya Zeus bisa melawan ayahnya. Seiring waktu berlalu Cronus semakin tua, makin lemah, makin rentan. sementara Zeus semakin kuat.

Untuk memudahkan pertempuran melawan ayahnya dia meminta saran kepada istri pertamanya yaitu "Metis" . Zeus pun diberi ramuan oleh Metis untuk membantuh nya melawan ayahnya, Zeus menyamar sebagai pelayan ayahnya dia menuangkan ramuan itu ke minuman Cronus dan pada saat Cronus meminum ramuan itu Dia memuntahkan semua anak-anaknya atau Dewa Dewi yang sebelumnya telah dia makan pada saat lahir. Karena mereka 'Abadi' dan pada saat mereka semua dimuntahkan, mereka sudah tumbuh besar dan kuat. Zeus dan para saudara saudarinya mereka bersatu melawan Cronus lalu membuangnya ke Tartarus.


Titanomachy (War)

Terlepas dari kemenangannya melawan Cronus mereka tidak berhenti berperang dan masih terus berlanjut melawan para titan lainnya. Jadi titan melawan para Olympians. Perang ini berlangsung kurang lebih selama 10 tahun tanpa ada pihak yang menang. Akhirnya Zeus pergi ke Tartarus lalu membebaskan Cyclops dan Hecatoncheires. Karena mereka senang sudah dibebaskan oleh Zeus, ketiga Cyclops itu memberi hadiah kepada Zeus yaitu senjata kilat, kekuatan guntur. Hecatoncheires membantu peperangan mereka melemparkan batu-batu kepada para Titan Akhirnya dengan bantuan tambahan, para Olympian pun menang dari para titan. Dan Zeus memenjarakan mereka semua di Tartarus. Titan Atlas dihukum untuk berdiri selamanya sambil memanggul bumi di pundaknya dan Itulah sebabnya manusia punya peta namanya Atlas.

Setelah menyaksikan kejatuhan anak-anaknya Akhirnya Gaia menciptakan satu monster terakhir yaitu Typhon (ayah dari semua monster). Para dewa ini ketakutan dengan Typhon. Mereka satu-persatu kabur melarikan diri tapi tidak dengan Zeus. Zeus tidak akan membiarkan kerajaannya runtuh. Lalu dia menyerang terus monster itu dengan petirnya. Tapi karena Typhon sangat kuat dia merobek otot Zeus hingga akhirnya Zeus mundur. Hanya sedikit dewa dewi yang membantu dan berperang bersama dengan Zeus. Selain yang kabur, hanya Hermes dan Athena yang membantu Zeus di sampingnya. Hermes dengan kemampuan kilatnya jadi dia itu bergerak cepat banget dan di terkenal sebagai dewa pencuri. Dia curi otot Zeus yang diambil oleh Typhon lalu mengembalikannya pada Zeus. Setelah Zeus pulih, dia lebih termotivasi dan lebih kuat daripada sebelumnya dan Zeus pun berhasil mengalahkan Typhon.

Setelah semua musuh sudah dikalahkan tidak ada lagi yang berani menantang kekuasaannya di Olympians. Tentu saja Zeus mengambil tempat di tahta. Kalau dalam versi ini Dari generasi pertama itu ceritanya seperti berulang-ulang dimana ibu yang membantu anak-anaknya untuk melawan suaminya. Dimana Uranus dan Cronus sama-sama dikalahkan oleh anaknya sendiri. Jadi seperti sejarah diciptakan untuk terulang.

Ini ada kesamaan antara Dewa dan Dewi Yunani dengan umat manusia. yaitu sama-sama haus akan kekuasaan dan juga dominasi. Kalau soal 'Primordial' atau titan mereka lebih kepada simbolisasi atau konsep, atau personifikasi. Kalau 'The Olimpians' udah punya bentuk yang jelas penampilannya jelas, sifatnya jelas, karakter masing-masing itu berbeda. 

Itulah semua asal mula dari Mitologi Yunani. Semoga artikel ini biasa menambah wawasan dan pengetahuan kita semua. Siapa tau ada yang versi berbeda atau ada yang 'tidak sesuai' disini Kalian boleh komen dan maaf kalo ada yang salah :) Terima kasih.