Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mitologi Nordik - Kisah Jörmunganrd Ular Raksasa

Pernahkah anda membayangkan seekor ular yang begitu besar hingga panjangnya mampu mengelilingi dunia dan memeluk punggung jika diinginkan? inilah Jormunganrd seekor ular raksaksa yang berasal dari Mitologi Nordik yang konon katanya mampu melilit bumi.

Jormunganrd mitologi

Mitologi nordik sendiri merupakan kepercayaan masyarakat Eropa utara Scandinavia kuno atau bangsa Viking, Jormunganrd mungkin juga disorot dalam agama Suku asli Jermanik lainnya dan keberadaan mereka dibuktikan dalam catatan agama pra-kristen dari berbagai cabang bangsa Jermanik, misalnya orang Jerman kontinental menghubungkan gempa bumi dan longsor dengan pergerakan Jormunganrd pada abad pertengahan.

Jormunganrd merupakan anak dari dewa terkenal licik yaitu Loki dan seorang wanita raksasa yang bernama Angrdoda, Ia memiliki dua saudara yaitu Fenrir (Serigala raksasa) dan saudari perempuannya Hel (Sang Penguasa dunia bawah). Jormunganrd juga merupakan simbol kejahatan, kehadirannya akan ditandai oleh badai yang sangat dahsyat di lautan dan akan membawa malapetaka bagi siapa saja pelaut yang melihatnya.

Saat masih kecil ia dibuang ke lautan luas oleh para dewa karena menurut ramalan Jormunganrd merupakan iblis yang akan menghancurkan mereka, namun Jormunganrd tumbuh begitu besar hingga tubuhnya sepenuhnya melingkupi dunia dan harus menggigit ekornya sendiri, ketika ia melepaskan ekornya maka dunia akan berakhir karena sebab itu Ia mendapatkan nama lain yaitu ular dunia atau "The Midgard Serpent".

Jormunganrd sangat berbahaya dia dapat membunuh mangsanya dengan cara membelitnya selain itu racunnya juga sangat mematikan bahkan bagi Dewa sekalipun, Musuh Abadi Jormunganrd tadalah Thor (sang Dewa petir). Dua pertempuran diantara mereka di ceritakan di Edda yaitu dua naskah tua Norse atau Nordik.

Jormunganrd mitologi

Yang pertama menceritakan Bagaimana Thor hampir membunuh Jormunganrd, ketika itu di tanah raksasa Thor pergi memancing dengan nelayan raksasa Hymir, pada awalnya Hymir tidak menyadari bahwa temannya adalah dewa petir karena Thor menyamar sebagai petani muda, Thor Mendayung dengan terampil membawa perahunya ke laut lepas jauh dari tempat raksasa biasanya memancing, lalu dia mengaitkan kepala sapi ke kail seperti umpan dan melemparkan kailnya, ular Jormunganrd muncul dari dasar laut dan mengulurkan mulutnya disekitar kepala sapi dan dengan cepat ditangkap oleh kail.

Menggunakan kekuatannya yang luar biasa Thor mengangkat ular itu dan hendak membunuhnya dengan pukulan dari Palu ajaibnya Mjolnir. Hymir pun panik karena kapalnya akan tenggelam dan ketakutan saat melihat ular itu akhirnya Hymir memotong tali kail dengan pisaunya, Jormunganrd pun lolos dan tenggelam kembali Kelaut, Thor melemparkan palu ke arah ular yang melarikan diri dan sementara ada beberapa yang percaya bahwa ular itu sudah mati.

Thor Vs Jormunganrd

Dalam prosa Edda dikatakan bahwa ular Jormunganrd masih hidup dan tinggal di laut sekitarnya, pada perang akhir zaman atau yang lebih dikenal dengan Ragnarok sebagai pertempuran terakhir antara kekuatan baik dan jahat dalam Mitologi nordik. Jormunganrd akan bangkit jika mendengar panggilan ayahnya dan akan naik ke permukaan yang menyebabkan badai badai dan tsunami.

Thor di takdirkan untuk menemukan Jormunganrd lagi dan dia akhirnya membunuhnya dengan pukulan dari Mjolnir, namun sayangnya Thor tidak cukup cepat untuk menghindar dari bisanya, dengan cara ini Jormunganrd atau Serpent Of Midgard dan Thor akan saling membunuh di ujung dunia dan keduanya pun dikisahkan mati.